Rabu, 27 Juni 2012

Pengantar Linguistik Bahasa Inggris



Sesi 5: Aplikasi Fonetik dan Fonologi

Vokal
Sebelum pindah ke unit yang lebih besar dari pidato, masuk akal untuk melihat lebih dekat pada blok bangunan utama kedua dalam persediaan fonem konsonan selain kami: vokal.
Huruf vokal yang dihasilkan dengan membiarkan aliran udara melalui sistem artikulatoris tanpa halangan signifikan. Pita suara selalu bergetar bila vokal diproduksi dan aliran berkelanjutan dari udara memungkinkan untuk memperpanjang atau memperpendek suara vokal, perbedaan yang dapat membedakan makna dalam beberapa bahasa.
Kualitas pusat yang memungkinkan kita untuk menggambarkan vokal yang tinggi, backness dan kebulatan. Mereka memungkinkan kita untuk menggambarkan dimana suara vokal berasal (tinggi dan backness) dan bentuk bibir selama artikulasi (kebulatan).

Grafik di atas akan memberikan Anda ide yang baik dari tinggi dan backness dan dengan cara bagaimana mereka mempengaruhi kualitas vokal.
Grafik vokal (awalnya dikembangkan oleh ahli fonetik Daniel Jones ) menggabungkan semua tiga fitur (tinggi, backness, kebulatan) ke dalam sebuah model untuk menggambarkan realisasi yang disebut vokal kardinal di rongga mulut.

Karena artikulator yang menentukan menentukan kualitas suara vokal adalah lidah, adalah mungkin untuk kualitas vokal berubah selama masa artikulasi jika posisi perubahan lidah. Jika konfigurasi artikulatoris bergeser dari satu ke lain vokal suara komposit yang dihasilkan adalah diftong yang disebut (atau meluncur vokal).
Contoh untuk vokal murni:
duduk / ɪ / => vokal depan tinggi (unrounded)
kaki / ʊ / => vokal kembali tinggi (dibulatkan)
pria / æ / => tengah vokal pusat
Contoh untuk diftong:
waktu / aɪ /
wajah / eɪ /
pilihan / ɔɪ /
Perbedaan antara dialek dan bahasa Inggris sociolects sering ditandai oleh kontras dalam kualitas vokal.
Suprasegmental fonologi / prosodics
Fonologi suprasegmental studi intonasi dan aspek lain dari pidato yang memperpanjang selama lebih dari satu segmen:
  • stres dikaitkan dengan suku kata
  • irama, tempo dan intonasi yang berhubungan dengan frasa dan kalimat
Fitur suprasegmental seperti stres, ritme, tempo, intonasi dan kadang-kadang disebut secara kolektif sebagai prosodi.
Intonasi
Intonasi mengacu pada penggunaan kontrastif lapangan atau melodi dalam pidato (ger. Tonhöhenverlauf, Sprechmelodie). Berbagai tingkat lapangan (nada) digunakan dalam urutan tertentu (kontur) untuk mengekspresikan berbagai makna. Sebagai contoh, kita sering memanfaatkan perbedaan antara jatuh dan pola lapangan meningkat dalam pernyataan dan pertanyaan.
- Mereka sedang menunggu. (Informasi)
- Mereka sedang menunggu? (Pertanyaan)
- Mereka sedang menunggu?! (Kejutan)
Bagian dari kalimat dimana pola intonasi tertentu meluas disebut frase intonasi. Ungkapan intonasi adalah unit informasi daripada sebuah unit sintaksis didefinisikan, tetapi sering kali tumpang tindih dengan unit sintaksis seperti frase, klausa, atau kalimat.
Kebanyakan bahasa menunjukkan tren menurun umum lapangan (deklinasi) selama frase intonasi. Penyelesaian unit gramatikal lengkap seperti kalimat deklaratif sering ditandai dengan penurunan khas di lapangan. Ucapan-ucapan yang tidak lengkap, seperti tengah kalimat istirahat klausul di mana pembicara bermaksud untuk menunjukkan ada lebih mendatang, sering menunjukkan sedikit peningkatan di lapangan.
Terhubung Pidato
Pidato adalah aliran berkelanjutan dari suara tanpa batas yang pasti antara setiap kata. Ketika kita berkomunikasi satu sama lain, kita beradaptasi pengucapan kami untuk pendengar kita dan cenderung berbicara pada kecepatan yang nyaman bagi kita, daripada berbicara dengan jelas. Hal ini menyebabkan perubahan pada 'bentuk' dari kata-kata. Akibatnya, kata-kata tertentu yang hilang, dan beberapa fonem dihubungkan bersama sambil berbicara. Perubahan ini digambarkan sebagai fitur pidato terhubung.
Di antara proses fonologi yang mempengaruhi pidato terhubung adalah:
  • asimilasi (mengubah suara)
  • penghilangan bunyi dlm percakapan (kehilangan suara)
  • intrusi dan menghubungkan (menambahkan atau bergabung dengan suara antara kata-kata)
Fitur-fitur ini menjaga ritme dan membuat suara bahasa alami.
Fitur Speech Terhubung
Bentuk Lemah: Beberapa kata dalam bahasa Inggris dapat terjadi dalam bentuk penuh dan lemah, karena bahasa Inggris pameran kualitas bahasa stres tepat waktu. Itu berarti bahwa, sementara kami mencoba untuk menjaga interval sama antara suku kata stres dan memberikan ritme kalimat, kita cenderung untuk meninggalkan yang tidak penting kata-kata. Akibatnya, konjungsi, kata ganti dan artikel (yaitu kata-kata fungsi) sering berkurang atau bahkan hilang.
Contoh kata yang memiliki bentuk yang lemah adalah:
- Dan: ikan dan keripik. (Chip fish'n)
- Dapat: Dia bisa menari lebih baik daripada aku bisa. (1 "dapat" = lemah, 2 "dapat" = penuh)
- Dari: Secangkir teh.
- Memiliki: Apakah engkau makan? (Lemah) / Ya, saya punya. (Penuh)
- Harus: Nah, Anda harus mengatakan kepada saya. ("Should" dan "telah" lemah)
Asimilasi: Proses ini mengubah suara sehingga mereka menjadi serupa (asimilasi parsial) atau identik (asimilasi total) untuk suara tetangga atau dekat.
Ada berbagai jenis asimilasi: regresif / antisipatif, progresif dan timbal balik.
  • regresif / antisipatif: artikulasi suara berikut akan diantisipasi. Dalam kebanyakan kasus asimilasi regresif adalah
  • progresif: artikulasi suara terus dalam suara berikutnya, yang berarti akan dipertahankan. Asimilasi progresif jarang terjadi.
  • timbal balik: suara dua yang menghasilkan sepertiga. (Contoh: jangan Anda)
Penghilangan bunyi dlm percakapan: Suara hilang sepenuhnya dalam proses ini. Biasanya vokal dari suku kata tanpa tekanan yang elided pertama.
Contoh:
Umum suara penghapusan
- Int (e) istirahat, sim (i) lar, lib (a) ry, beda (e) sewa, t (o) malam.
/ T / dan / d / = konsonan sering elided
- Chris (t) mas, san (d) Wich
/ H / = suara ini sering ditinggalkan
- Anda tidak harus (h) ave
Kata kerja phrasal dapat menunjukkan bagaimana kita link menutup konsonan dan vokal mulai melintasi batas-batas kata, misalnya Keluar (getout), Keluar (cumout)
Intrusion dan Link: Kita sering menempatkan suara tambahan (/ j /, / w /, / r /) antara dua bunyi vokal, karena menandai suara transisi antara dua vokal. Hal ini dianggap sebagai intrusi.
Contoh:
/ J /
- I / j / setuju, Mereka / j / di sini!
/ B /
- Saya ingin / w / makan, Wisata / b / itu!
/ R /
- Media / r / yang harus disalahkan, Hukum (r) dan ketertiban.
Banyak kali kita tarik konsonan akhir untuk vokal awal atau sebaliknya, oleh karena itu konsonan dan vokal bisa dihubungkan juga.
Contoh:
- Dapatkan di. (Geton), Tidak sama sekali. (Notatall), Ayo. (Comon)
Bagaimana terhubung pidato mempengaruhi komunikasi kita?
Penutur asli biasanya tidak memiliki masalah dengan ucapan-ucapan yang tidak jelas disebabkan oleh ucapan yang terhubung, karena mereka dapat menganggap apa bagian yang hilang bisa dalam konteks tersebut. Non-penutur asli, di sisi lain, kadang-kadang mengalami kesulitan memprediksi yang item leksikal mungkin atau mungkin tidak muncul dalam konteks tertentu. Ini sudah merupakan masalah yang signifikan bagi peserta didik. Namun, pembicara non-pribumi tidak hanya harus mengenali penggunaan bentuk berkurang tetapi juga menggunakan mereka sendiri, kecuali ia ingin mengambil risiko terdengar cukup wajar. Selanjutnya, pendengar akan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi titik-titik fokus jika pembicara menggunakan bentuk menekankan terlalu banyak. Kesimpulannya, aspek pidato terhubung sangat penting yang signifikan bagi orang yang belajar bahasa baru.
Key Terms
  • vokal
    • tinggi
    • backness
    • kebulatan
  • monothongs, diftong
  • suprasegmental fonologi / prosodics
  • nada
  • intonasi
  • terhubung pidato
    • bentuk lemah
    • asimilasi
    • penghilangan bunyi dlm percakapan
    • intrusi / menghubungkan
Ditulis oleh Kornelius di: Fonetik / Fonologi , Ringkasan |
Desember
04
2007
-

Presentasi Sesi 5

Di bawah ini adalah link ke presentasi untuk sesi pekan lalu.
Sesi 5 - Aplikasi Fonetik dan Fonologi
Isu-isu berikut akan dibahas secara singkat sesi berikutnya, sebelum kita bergerak ke wilayah baru (morfologi):
  • prosodics
  • terhubung pidato
Anda juga bisa mendapatkan versi PDF dari presentasi di sini . Saya minta maaf untuk posting terlambat.
Ditulis oleh Kornelius di: Fonetik / Fonologi , Presentasi |
November
28
2007
-

Sesi 4: Suara dan Arti

Distribusi alofon
Sebelum melihat urutan bunyi-bunyi ujaran dan bagaimana mereka diatur dalam kata-kata dan ucapan-ucapan, membayar ke kita lihat lagi pada bagaimana alofon dari sebuah fonem didistribusikan, khususnya varian apa yang dapat terjadi pada apa jenis lingkungan (kita lihat di sebelumnya ringkasan jika Anda membutuhkan penyegaran pada dua hal).
Menganalisis unit sedikit lebih besar dari pidato memungkinkan kita menjelaskan beberapa variasi dalam bagaimana sebuah fonem individu direalisasikan. Jika salah satu alofon dari fonem selalu dapat ditemukan di tempat tertentu dan tidak pernah di tempat lain, ini digambarkan sebagai distribusi melengkapi:
Distribusi komplementer adalah hubungan yang saling eksklusif antara dua segmen fonetis serupa. Ini terjadi ketika satu segmen terjadi dalam lingkungan di mana segmen lain tidak pernah terjadi.
dari Daftar kata SIL Istilah Linguistik
Sebuah contoh untuk menggambarkan ini adalah fonem / p / dengan realisasi sebagai [p ʰ] - h kecil menunjukkan bahwa suara yang disedot - dan [p] yang tidak diaspirasikan. Kedua suara adalah alofon dari fonem / p / dan mereka terjadi dalam distribusi komplementer, yang berarti orang selalu terjadi di mana yang lainnya tidak dan sebaliknya. Versi disedot terjadi ketika / p / adalah awal suku kata dan diikuti oleh vokal stres (seperti dalam kata dalam p), sedangkan versi yang tidak diaspirasikan terjadi pada semua situasi lain (misalnya di s p dalam atau p). Penting untuk dicatat bahwa sementara dua suara sebenarnya fonetis yang sedikit berbeda, bertukar satu untuk yang lain (misalnya aspirating / p / di atas) tidak akan memiliki efek pada arti dari kata itu. Jika yang tampaknya aneh bagi Anda, pertimbangkan lagi bahwa bahasa lainnya berbeda dalam hal ini dan bahwa di dalamnya dua varian / p / mungkin tidak allophone tapi fonem yang berbeda. Akhirnya, satu sumber perbedaan fonetik dalam cara fonem direalisasikan adalah variasi bebas. Gratis varian adalah hasil dari perbedaan individu atau dialek, seperti kualitas vokal dalam varietas yang berbeda dari Inggris dan Amerika Inggris.
Suku kata
Jika ponsel adalah unit terkecil pengukuran dalam produksi ujaran, suku kata adalah apa yang mengikuti mereka. Pada dasarnya suku kata adalah vokal dengan konsonan opsional berkerumun di sekitarnya. Vokal membentuk inti yang disebut suku kata, sementara setiap konsonan datang setelah vokal yang disebut sebagai koda. Tergantung pada apakah inti diikuti oleh koda atau tidak, kita menggambarkan suku kata baik sebagai tertutup atau terbuka.
Contoh di bawah ini menunjukkan bagaimana struktur suku kata dapat secara akurat dijelaskan:
kata: peta (fonetis [mæp])
suku kata struktur: CVC
Peta kata memiliki satu suku kata. Ini terdiri dari konsonan [m], diikuti dengan vokal [æ] dan berakhir dengan konsonan [p] - oleh karena itu memiliki CVC struktur suku kata. Ini adalah contoh untuk suku tertutup (inti vokal diikuti oleh konsonan koda).
Sebaliknya, contoh berikut adalah suku kata terbuka dan tidak memiliki koda:
Anda (fonetis [yu])
CV
Ingatlah bahwa surat y mungkin merupakan konsonan (seperti dalam contoh ini) atau vokal, seperti dalam bahagia. Jangan tertipu oleh konvensi ejaan aneh bahasa Inggris!
Konsonan Cluster
Beberapa konsonan dapat stack pada awal atau akhir suku kata, membentuk gugus konsonan disebut. Contoh berikut menunjukkan ini:
sarang
CVCCC
Dalam bahasa Inggris, maksimal tiga konsonan dapat stack pada awal suku kata, sedangkan maksimum empat konsonan dapat berhasil inti, yang mengarah ke deskripsi phonotactic struktur suku kata:
(CCC) V (CCCC)
Berikut adalah beberapa contoh untuk ilustrasi yang lebih baik:
sambatan
CCCVC
bersuku kata satu (satu suku kata), ditutup
mudah
VCV
bersuku dua (dua suku kata), buka
kapak
VCC
bersuku kata satu (satu suku kata), ditutup
mantan pla-na-tion
VCC CCV CV CVC
bersuku kata banyak (empat suku kata), suku kata yang tertutup-terbuka-terbuka-tertutup
Tekanan
Stres adalah sarana menekankan suku kata (atau, dalam beberapa kasus, kata) dalam bahasa lisan. Berbeda dengan Prancis (sebagai salah satu contoh) dimana kata-kata umumnya menekankan pada suku kata terakhir, Inggris tidak memiliki kata stres tetap, sebagai contoh-contoh ini menunjukkan:
'A simetris
ab 'duc tion
pemecatan 'yee
Stres juga memiliki fungsi penting tata bahasa dalam bahasa Inggris, ia mampu menunjukkan kelas kata. Misalnya, survei kata dapat berupa kata kerja atau kata benda:
(1) Kami ingin meneliti semua pemirsa Channel 5 untuk mempelajari lebih lanjut tentang selera mereka.
(2) Survei ini menunjukkan bahwa siswa sangat bosan.
Dalam survei kalimat pertama adalah kata kerja dan menekankan pada suku kata kedua, sedangkan di kalimat kedua itu adalah kata benda dan menekankan pada suku kata pertama. Umumnya fungsi kata-kata seperti dan, dan (yang sering bersuku kata) yang tanpa tekanan dalam bahasa Inggris.
Silahkan lihat pada kalimat berikut dan berpikir tentang bagaimana pergeseran stres kata mempengaruhi artinya.
(3) JOHN tidak suka pie.
= John tidak suka pie, Maria tidak
(4) Yohanes TIDAK suka pie.
= Seseorang diasumsikan bahwa dia suka pie, tapi dia sebenarnya tidak
(5) Yohanes tidak SUKA pie.
= Dia tidak hanya suka, dia menyukainya!
(6) Yohanes tidak ingin PIE.
= Ia tidak suka pie, tapi dia tergila-gila donat.
Key Terms
  • pelengkap distribusi - variasi bebas
  • aspirasi
  • suku kata
    • inti - koda
    • tertutup terbuka
  • konsonan cluster
  • suku kata stres, stres kata
Ditulis oleh Kornelius di: Fonetik / Fonologi , Ringkasan |
November
25
2007
-

YouTube Linguistik - Xhosa, New York Inggris

Klik di Xhosa

Klip di atas dilengkapi dengan speaker dari Xhosa , sebuah aglutinatif bahasa tonal dari Bantu keluarga, diucapkan di Afrika Selatan. Klik yang khas Xhosa adalah salah satu contoh untuk suara pidato dengan status fonem yang tidak ada dalam bahasa Inggris. Perhatikan bahwa bahasa tonal (dalam intonasi membedakan artinya) membentuk persentase yang signifikan dari bahasa di dunia.
New York Bahasa Inggris 1
New York Bahasa Inggris 2
New York Inggris 3

Ketiga klip memberikan pengantar yang menarik ke dalam fonologi New York Bahasa Inggris - dan ke dalam budaya juga. Perhatikan bukan hanya pada contoh-contoh yang Hipstomp memberi, tetapi juga untuk bagaimana pidatonya dipengaruhi ketika ia sedang berbicara dengan cepat. Kita akan membahas beberapa aspek pidato terhubung dalam sesi berikutnya.
Ditulis oleh Kornelius di: Fonetik / Fonologi |
November
22
2007
-

Presentasi Sesi 4

Di bawah ini adalah link ke presentasi untuk sesi hari ini.
Sesi 4 - Sound dan Makna
Isu-isu berikut akan diulang sesi berikutnya khususnya:
  • bebas variasi dan distribusi komplementer allophone
  • suku kata struktur
  • tekanan
Anda juga bisa mendapatkan versi PDF dari presentasi di sini .
Ditulis oleh Kornelius di: Fonetik / Fonologi , Presentasi |
November
21
2007
4

Sesi 3: Suara bahasa Inggris

Dua bidang utama dari linguistik peduli dengan suara pidato - suara-suara yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi - adalah fonetik dan fonologi. Kedua daerah saling tergantung. Fonetik menjelaskan dimensi, beton fisik suara, seperti apakah mereka bersuara atau tak bersuara dan tempat mereka dan cara artikulasi. Aspek produksi suara sangat apa artikulatoris fonetik berkaitan dengan, sedangkan akustik dan pendengaran kesepakatan fonetik dengan karakteristik gelombang suara dan bagaimana mereka dirasakan oleh telinga manusia.
Sedangkan fonetik penawaran dengan bentuk suara (bagaimana mereka diproduksi, mendengar dan bagaimana mereka dapat digambarkan), fonologi berkaitan dengan fungsi suara, yaitu, dengan artinya dalam bahasa tertentu. Dengan sistematis mempelajari perbedaan fonologis antara bahasa, itu untuk contoh mungkin untuk memprediksi apa yang terdengar dari pembelajar bahasa kedua akan memiliki kesulitan dengan atau mengapa bahasa tertentu dinilai sebagai lebih sulit untuk belajar dalam hal pengucapan dari yang lain.
Telepon
Unit dasar fonetik disebut telepon, yang pada dasarnya setiap bunyi ujaran manusia. Ingat, fonetik adalah hanya peduli dengan "terdengar seperti", sehingga setiap suara yang keluar dari mulut seseorang bisa disebut telepon. Berbeda dengan ini, unit dasar dalam fonologi adalah fonem, yaitu setiap suara dalam bahasa yang membedakan makna. Dalam konteks bahasa, telepon sering dinyatakan dengan menempatkan tanda kurung di sekitar transkripsi (misalnya [dæns] untuk tari Amerika).
Fonem
Hubungan antara suara dan makna dapat dijelaskan dengan melihat ke dalam apakah perbedaan dalam struktur suara menyebabkan pergeseran makna atau tidak. Coba ini dengan mengatakan kata-kata berikut dengan suara keras:
l ook - b ook - c ook - ook t
Anda akan melihat langsung bahwa pola musik mereka mirip kecuali untuk suara awal (l, b, c, t). Fakta bahwa mengganti satu suara dengan yang lain (misalnya, l dengan b) menghasilkan kata yang bermakna berbeda di Inggris menunjukkan bahwa pidato tersebut terdengar l dan b adalah fonem dalam bahasa Inggris. Ahli bahasa biasanya menulis fonem dengan garis miring di sekitar, misalnya transkripsi / l / dan / b /. Kasus seperti tampilan - buku yang menunjukkan bahwa / l / dan / b / adalah fonem disebut pasangan minimal.
Sekarang bandingkan hal ini dengan contoh lain:
t ea - h e
Pada awalnya ini mungkin membingungkan. Sementara ejaan tampilan, dll buku kebetulan mirip, kecuali pada awal kata di mana fonem yang berbeda terjadi, ejaan teh dan ia tidak serupa. Tapi mereka masih membentuk suatu pasangan minimal untuk fonem / t / dan / h /, karena sisa dari pola suara identik.
Kuncinya di sini adalah mengakui bahwa kita berhadapan dengan suara, bukan ejaan. Dua suara mungkin fonem yang berbeda ketika sedang diwakili oleh huruf yang sama, atau benar-benar identik dalam hal struktur suara tapi terlihat berbeda secara tertulis.
Contoh:
s ee - s ea
Identik suara, ejaan yang berbeda - bukan pasangan minimal, karena kita sedang melihat sebuah perbedaan yang hanya ada secara tertulis.
th e - m e
Bunyi akhir terlihat mirip secara tertulis, tetapi ada perbedaan suara yang jelas antara e pendek dan panjang. Namun, dua kata ini tidak kandidat yang cocok untuk tes pasangan minimal, sebagai sisa dari pola suara tidak identik.
Allophone
Apa, kemudian, tentang suara yang berbeda tetapi tidak membedakan makna? Ambil contoh ini:
l ip - pi ll
Sedangkan perbedaannya adalah sedikit, Anda mungkin melihat bahwa / l / tidak terdengar persis sama di bibir dan pil (mencoba untuk melacak di mana Anda menempatkan ujung lidah Anda). Perbedaan tersebut tergantung pada banyak faktor - dalam hal ini apakah suara adalah pada awal atau akhir kata. Contoh lain untuk faktor tersebut termasuk perbedaan dialek (berpikir tentang bagaimana speaker Inggris vs Amerika mengatakan tarian atau Perancis) dan bahkan ada tingkat tertentu perbedaan antara individu. Kontras yang menentukan antara ini dan contoh di atas adalah bahwa varian tersebut tidak membedakan makna. L di bibir dan pil keduanya alofon dari fonem / l /.
Apa itu baik untuk?
Mengapa penting apakah kita berhadapan dengan alofon dari fonem yang sama atau dengan fonem yang sama sekali berbeda? Silahkan lihat pada tabel ini menggambarkan persediaan fonem dari Standar Mandarin , bahasa resmi Cina. Satu perbedaan bahwa Anda mungkin perlu diperhatikan adalah bahwa Standar Mandarin tidak memiliki bilabial bersuara, alveolar dan velar plosif / b /, / d / dan / g /. Namun, telah disedot (ger. behaucht) versi ini konsonan, fonem yang berbeda: p ʰ, t ʰ, k ʰ. Dengan kata lain, perbedaan yang tidak membedakan makna dalam bahasa Inggris (aspirasi) adalah perbedaan yang menonjol di Cina Mandarin, sedangkan satu lagi (menyuarakan dari plosif) membedakan makna dalam bahasa Inggris tapi tidak dalam bahasa Cina.
Berdampingan
Tabel berikut memberikan gambaran meringkas perbedaan antara fonetik dan fonologi.
fonetik
fonologi
suara seperti
suara sebagai bagian dari sistem suara
bahasa digunakan (pembebasan bersyarat)
sistem bahasa (langue)
bahasa-independen
tergantung pada bahasa
zat
fungsi
beton
abstrak
telepon []
fonem / /
Saluran vokal manusia
Apakah untuk tujuan linguistik diidentifikasi sebagai saluran vokal mengisi beberapa fungsi, di antaranya bernapas dan menelan makanan. Produksi suara pembicaraan pada dasarnya diwujudkan dengan mengarahkan aliran udara melalui sistem artikulasi dengan cara tertentu - misalnya dengan membiarkan udara keluar secara bertahap dalam semacam mendesis, dengan membiarkan tekanan udara membangun dan kemudian tiba-tiba melepaskannya, dengan membiarkan vokal tali bergetar dll

Menggambarkan suara pidato
Suara pidato biasanya digambarkan melalui kualitas artikulatori mereka, yaitu mereka
  • tempat artikulasi (di mana di saluran vokal mereka yang dihasilkan)
  • cara artikulasi (bagaimana mereka dihasilkan)
dan apakah mereka
  • bersuara atau tak bersuara (apakah mereka membuat pita suara bergetar atau tidak)
Vokal vs konsonan
Salah satu diferensiasi fonetis dasar yang dapat dibuat ketika mengklasifikasikan bunyi-bunyi ujaran adalah bahwa mereka terbagi dalam dua kategori yang relatif berbeda:
  • vokal, yang dihasilkan dengan membiarkan aliran udara melalui sistem artikulatoris tanpa kendala dan
  • konsonan, yang menampilkan beberapa jenis obstruksi aliran udara di saluran vokal
Vokal umumnya menyuarakan, sedangkan konsonan bahasa Inggris dapat berupa bersuara atau tak bersuara.
Tempat artikulasi
Daftar berikut menggambarkan tempat utama untuk artikulasi konsonan bahasa Inggris. Perhatikan bahwa penggunaan tempat-tempat tertentu dan perilaku artikulasi adalah umum di beberapa bahasa tapi tidak pada orang lain. Sebagai contoh, bahasa Arab memiliki dua konsonan faring bahwa bahasa Inggris tidak memiliki (/ h / dan / ʕ /). Sebuah contoh bahwa Anda sudah familiar dengan adalah vokal umlaut yang terjadi di Jerman tetapi tidak dalam bahasa Inggris dan frikatif gigi (yang "th") yang umum dalam bahasa Inggris tapi tidak di Jerman.
Bibir
Suara yang dihasilkan dengan menekan bibir bersama-sama disebut bilabial.
Suara: / p /, / b /, / m / (dan, sampai batas tertentu, labial-velar afroksiman / w /)
Sebuah suara yang melibatkan menggunakan bibir dan gigi bersama-sama digambarkan sebagai labio-gigi.
Suara: / f /, / v /
Gigi
Sebuah suara yang dibuat dengan menempatkan ujung lidah di belakang gigi atas adalah gigi.
Suara: / θ /, / ð /
Alveolar ridge
Suara yang dihasilkan dengan menekan lidah terhadap daerah sedikit di belakang gigi (disebut ridge alveolar) disebut sebagai alveolar.
Suara: / t /, / d /, / n /, / s /, / z /, / ɹ /, / l /
Alveolar ridge dan langit-langit keras
Sebuah suara yang berasal antara ridge alveolar dan palatum durum disebut palato-alveolar atau pasca-alveolar.
Suara: / ʃ /, / ʒ /, / tʃ /, / dʒ /
Palatum keras
Suara yang datang dari bagian tengah langit-langit mulut (palatum durum) disebut palatal.
Sound: / j /
Langit-langit lunak (velum)
Sebuah suara yang dihasilkan di daerah punggung bagian atas mulut (langit-langit lunak atau velum) digambarkan sebagai velar.
Suara: / k /, / g /, / n /
Tenggorokan
Suara yang berasal dari tenggorokan (atau, lebih khusus, glotis ) disebut sebagai glotal.
Sound: / h /
Cara artikulasi
Cara jangka artikulasi umumnya digunakan untuk menjelaskan bagaimana suara yang dihasilkan. Tempat, cara dan menyuarakan biasanya bernama bersama-sama, memungkinkan kita untuk menggambarkan / z / sebagai frikatif alveolar bersuara.
Plosif
Suara ini (juga disebut sebagai berhenti) terjadi bila ada penyumbatan awal dari kedua rongga mulut dan hidung pada saluran vokal (dan karena itu tidak ada aliran udara), yang kemudian tiba-tiba dilepaskan.
Suara: / p /, / b /, / t /, / d /, / k /, / g /
Nasal
Ketika mengartikulasikan sebuah hidung aliran udara benar-benar bypasses rongga mulut, bukan mengalir melalui hidung. Posisi tepat dari lidah selama artikulasi menentukan suara yang dihasilkan.
Suara: / m /, / n /
Frikatif
Frikatif diproduksi dengan memaksa udara melalui saluran sempit dibuat dengan menempatkan dua organ artikulasi erat bersama-sama (misalnya, bibir atas dan gigi bawah di / f /).
Suara: / f /, / v /, / θ /, / ð /, / s /, / z /, / ʃ /, / ʒ /, / h /

Africatives
Africatives menggabungkan plosif dengan kualitas frikatif, pertama menghalangi aliran udara dan kemudian perlahan-lahan melepaskannya (berbeda dengan plosif normal, yang melepaskan tekanan tiba-tiba).
Suara: / tʃ /, / dʒ /
Aproksiman
Artikulasi dari suara pidato hanya melibatkan obstruksi sangat sedikit aliran udara, yang mengapa beberapa aproksiman dianggap relatif dekat dengan vokal (disebut setengah vokal). Realisasi tepat dari afroksiman / r / (b`ik sebagai / ɹ / atau / ɻ /) adalah salah satu perbedaan karakteristik antara Inggris dan Amerika * dialek bahasa Inggris.
Suara: / l / (lateral-alveolar afroksiman), / J / (Palatal afroksiman), / w / (labial-velar afroksiman), / ɹ / (afroksiman lateral yang di British RP), / ɻ / (retroflks afroksiman dalam bahasa Inggris Amerika)
* Perlu diketahui bahwa ada benar-benar tidak bisa berbahasa Inggris Inggris atau Amerika tunggal dalam arti linguistik yang tepat. Inggris secara teoritis dapat mencakup Skotlandia (yang secara luas dianggap sebagai bahasa terpisah), Diterima Pengucapan dan Cockney, sementara Amerika geografis akan conflate Inggris Kanada dengan Southern AS- Amerika dan tak terhitung regional dan sosial varietas lainnya. Selalu diingat bahwa tag seperti Inggris Bahasa Inggris dan bahasa Inggris Amerika yang ideal label selimut yang umumnya tidak cukup spesifik untuk tujuan linguistik.
Key Terms
  • fonetik - fonologi
  • telepon - fonem - alofon
  • vokal saluran
  • vokal - konsonan
  • menyuarakan - tempat artikulasi - cara artikulasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar